Jumat, 24 Februari 2012

PERTOLONGAN PERTAMA KETIKA BUSI VESPA MATI


cara pertolongan pertama ketika busi vespa mati
Kejadian yang paling tidak mengenakan ketika sedang naik vespa adalah busi vespa mati. Apalagi kalau posisi kita sedang jauh dari toko spearpart, pasti yang ada hanya dongkol. Bila dalam posisi seperti ini jangan panik, ada beberapa cara pertolongan pertama ketika busi vespa mati. Namun ini hanya bersifat darurat jadi busi hanya bisa dipakai sementara sampai Anda dapat menemukan toko spearpart dan membeli busi baru. Tips pertolongan pertama ketika busi mati ini tidak
sengaja saya peroleh ketika sedang dalam perjalanan melewati jalan lintas barat sumatera, dari Bandar Lampung
menuju Krui. Ketika melewati kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan tiba-tiba si body semok ngambek. Setelah dicek bahan bakar ternyata masih, karburator tak bermasalah, api dari spool juga OK, ternyata businya yang ko..id. Nah lo... langsung kepanikan terjadi karena posisi saya ada di tengah hutan kawasan, segala macam cara dari mengamplas ujung busi, mencucinya pakai bensin sudah dilakukan tapi tetep aja si semok tak bergerak. Sangking panik dan jengkel akhirnya saya banting businya diaspal lalu saya duduk sambil menunggu siapa tau ada kendaraan yang lewat. Setelah sejam duduk ada perasaan was-was karena keadaan sekitar yang masih hutan dan semak belukar, eh iseng-iseng saya ambil busi yang saya banting tadi dan saya pasang kembali ke mesin dan ketika saya engkol, mesin nya
langsung menyala, lho..? Akhirnya saya masih bisa melanjutkan perjalanan sampai saya menemukan toko bengkel dan mengganti busi saya.

Dari pengalaman tersebut saya akhirnya coba-coba untuk menemukan cara pertolongan pertama ketika busi vespa mati. Dengan melihat kondisi busi yang saya pakai seperti pada kejadian, dan hasil dari coba-coba akhirnya saya menemukan sedikit tips yang bisa teman-teman praktekkan. Berikut adalah tipsnya,

Pertama,
bersihkan busi yang mati dan bakar ujung elektrodanya dengan korek atau apa saja tetapi jangan membakar semua bagian busi.

Kedua,
pecahkan keramik yang membungkus elektroda, (Bagian yang berada pada pangkal busi yang ada lengkungan ujungnya, lihat pada gambar) dan bersihkan keramik yang membungkus elektrodanya.

Ketiga,
Atur jarang kerenggangan elektroda dengan ujung lengkungan kepala elektroda netral dan pasangkan ke mesin, Insya Alloh busi masih bisa dipakai  sampai jarak tempuh antara 5-10 KM

Itulah tips cara pertolongan pertama ketika busi vespa mati. Selamat mencoba, tetap semangat tetap jaga persaidaraan dan STOP! JUAL VESPA KE LUAR NEGERI..

2 komentar:

Unknown mengatakan...

kirain pertolongan pertamanya dilempar sob ntu busi nya ,,,wkwkwk :P

Jho mengatakan...

wkkkk boleh juga bro.... yang penting jangan kena kepalanya supir tronton wkkkkk
thanks ya...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...