Sabtu, 12 Januari 2013

ACCU RUSAK MASIH BISA DIPAKAI?

accu rusak masih bisa dipakai?
Usia boleh tua tetapi apa salahnya jika selalu mengikuti atau up to date dengan perkembangan teknologi. Ya itulah sebuanh ungkapan yang sering diucapkan para pencinta si Semok. Si Semok yang udah di make up tentu akan terlihat menarik dengan hadirnya aksesoris lampu warna-warni. Tapi semuanya jadi tidak berarti jika accu (AKI) si semok rusak. Waduh jadi ribet nih, tapi tenang accu rusak masih bisa dipakai. Lho?  Accu rusak masih bisa dipakai? Beneran tuh? Oke, nanti akan kita bahas namun sebenarnya Accu (Aki) yang diakali hanya bersifat sementara atau darurat, jadi ya masih bisa dipakailah sementara.

Oke, sebelum kita bahas cara mengakalinya, mari kita bahas kategori Accu (aki) yang bisa digunakan.
  1. Kondisi elemen didalam Accu masih bagus. dalam hal ini lempengan timbal (Pb) masih utuh, paling tidak 75% masih normal. bisa dilihat dari lubang untuk mengisi air accu. atau dari luar jika body accu transparan.
  2. Accu yang bisa dibenerin cuma accu basah, kalau yang kering belum pernah nyoba.
  3. Body accu tidak bocor atau pecah.
Setelah itu mari kita siapkan bahan dan alat yang akan digunakan.
  1. Air panas.
  2. Air accu / asam sulfat (kalau ga salah soalnya dah lama lulus sekolahnya) yang merah dan biru
setelah kita siapkan bahan dan alatnya mari kita bahas caranya.
  1. bersihkan accu dengan sabun dan air, kemudian siram seluruh bagian luar accu dengan air panas.
  2. Buka penutup accu kemudian keluarkan sisa air accu lama yang ada didalam.
  3. Isi accu dengan air panas sampai setengah bagian. kemudian accu sambil di goyang-goyang agar seluruh bagian dalam accu bisa terbasahi oleh air panas kemudian buang air dan tiriskan accu dengan cara membalik posisi accu yaitu bagian lubang di bawah. Fungsi air panas ini sebenarnya adalah untuk membersihkan kotoran yang menempel pada bagian dalam accu.
  4. Waktu untuk meniriskan accu jangan terlalu lama sekitar 30 menit. kemudian isi dengan air accu yang bungkusnya berwarna biru, kemudian perlakukan seperti pada saat menggunakan iar panas.
  5. Setelah air accu yang pertama dibuang kemudian isi accu dengan air yang berwarna merah sampai batas pengisian air accu. kemudian pasang penutup.
  6. setelah itu cas accu dengan alat pengecas atau bawa saja ke tempat pengecasan accu. setelah itu accu siap dipasang.
  7. ada hal yang perlu diperhatikan accu tidak dapat digunakan jika kiprok si semok ternyata rusak, atau pada saat pengecasan elemen accu ternyata udah bener2 ancur.
oke itulah cara agar accu rusah masih bisa dipakai. Selamat mencoba, semoga berhasil.

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...