Minggu, 24 Juni 2012

Efek Jika Vespa Memakai Pertamax

Efek Jika Vespa Memakai Pertamax
Kenaikan harga minyak dunia sungguh dirasakan dampaknya oleh semua masarakat dunia. Baik dari tingkat ekonomi kuat sedang dan lemah. Lalu bagaimana dampak kenaikan harga minyak terhadap para scooteris? Oke.. mari kita bahas dulu dampak kenaikan harga minyak dunia terhadap nasib para vespa sebelum kita bahas efek jika vespa memakai pertamax. Seperti diketahui ada dua jenis bahan bakar yang ada di Indonesia yaitu bahan bakar subsidi dan bahan bakar non-subsidi.


Bahan bakar subsidi merupakan bahan bakar yang produksinya diberikan dana subsidi dari APBN agar harganya terjangkau oleh masyarakat dan sebaliknya dengan bahan bakar Non-subsidi. Kenaikan harga minyak dunia ternyata membuat pemerintah harus mengalami defisit anggaran karena subsidi bahan bakar jadi membengkak. Pemerintah kemudian berencana menaikan harga BBM bersubsidi  dengan tujuan mengurangi subsidi, namun banyak ditentang oleh masyarakat kemudian pemerintah akhirnya membuat keputusan yaitu membatasi Quota BBM yang dikonsumsi masyarakat. Dengan bahasa lain dana anggaran untuk membeli minyak sebelum terjadi kenaikan harga minyak digunakan untuk membeli minyak pada masa harga naik seperti sekarang. Nah otomatis quota minyak yang diperoleh semakin sedikit jumlahnya dan itu harus dibagi ke seluruh tanah air maka terjadilah kelangkaan BBM subsidi karena jumlah kendaraan meningkat tetapi quota menurun. 

Lalu apa hubungannya dengan vespa? 

Seperti kita ketahui, kebanyakan vespa menggunakan bahan bakar premium yang merupakan BBM bersubsidi. Namun sejak kelangkaan BBM bersubsidi maka mau tidak mau vespa juga harus minum pertamax karena quota pertamax masih dapat memenuhi kebutuhan BBM. Karena terbiasa menggunakan premium maka banyak scooterist bertanya, apakah ada efek jika vespa memakai pertamax?

Menurut beberapa para scooterist ada beberapa efek samping yang ditimbulkan oleh konsumsi pertamax. Efek yang paling sering terjadi jika vespa minum pertamax antara lain adalah panas pada mesin yang melonjak cukup tajam dan sering menimbulkan masalah bagi para scooterist yaitu vespa mogok.

Lalu Bagaimana mengatasi atau mencegah masalah ini?

Beberapa scooteris yang punya pengalaman mengkonsumsi pertamax untuk vespanya memberikan tips untuk mencegah dan menghindari efek jika vespa minum pertamax.
Dalam segi pemakaian, pertamak tergolong irit karena pembakarannya sempurna namun panas yang ditimbulkan akan mengganggu kinerja mesin. Untuk mengatasinya pemakaian oli campuran bahan bakar harap menggunakan oli yang mempunyai kualitas bagus (biasanya harganya ditas Rp 40.000) namun kompresi juga perlu diperhatikan karena pada mesin dengan kompresi tinggi maka bisa dikatakan pemakaian bahan bakar cukup hemat namun jika kompresi mesin rendah ya jawabannya cuma satu, boros.

Jadi Kesimpulannya?

Berdasarkan hasil pemaparan diatas maka bisa dikatakan pemakaian pertamax aman-aman saja bagi vespa hanya saja kita harus memperhatikan  kualitas oli mesin dan oli campuran dan yang paling utama adalah kompresi mesin agar pemakaian pertamax dapat lebih irit.

nah itulah penjelasan mengenai Efek Jika Vespa Memakai Pertamax. Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba.

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Bang gimana yah tolong kasih tau saya..saya masih baru pake vespa. Vespa saya kenapa ya gan tidak ada asap nya saya pernah cobain masukin oli 6tutup tapi tidak keluar asep...oli mesin udah diganti kenapa ya

Jho mengatakan...

ada banyak kemungkinan bro, sampean oli nya pake jenis apa ya bro? mineral, semi sintetik atau full sintetik? kalau sampeyan pake oli samping sintetik or semi sintetik yang low smoke, ya ada kemungkinan ga keluar asep mas bro @guruh pamungkas, keluar juga paling tipis, kalu sampeyan masih pake oli yang masih mineral dan ga ngasep ada kemungkinan knalpot nyumbat, kalau asepnya kaya fogging ya ada kemungkinan olinya kebanyakan atau pengapiann tidak sempurna... coba cek dulu mas broo..

Unknown mengatakan...

Bang vespa sya barusan isi pertamax klo digas ngelos gamau jln biasa saya isi pertalite

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...